Take a fresh look at your lifestyle.

Dampak Perkembangan Teknologi Informasi Dalam Masyarakat

3

Dampak Perkembangan Teknologi Informasi Dalam Masyarakat

Teknologi informasi merupakan hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi berasal dari anggota pengirim ke penerima supaya pengiriman infomasi selanjutnya bakal lebih cepatb, lebih luas jangkauan nya , dan lebih lama penyimpanan nya .

Dulu di awal histori , manusia bertukar iformasi melalui bhs . Maka bhs adalah teknologi , bhs terlalu mungkin seorang individu dapat tahu informasi yang disampaikan dri mulut ke mulut cuma bertahan sebentar saja , yaitu terhadap pas pengirim menyampaikan informasi melalui perkataan nya . Seetlah itu pesan selanjutnya dilupakan dan tidak bertahan lama .

Setelah itu , komunikasi berkembang melalui gambar , dengan gambar jangkauan informasi Bisa lebih jauh . Gambar itu dapat dibawa-baa dan disampaikan kepada orang lain , dan terhitung informasi selanjutnya dapat bertahan lebih lama .

Ditemukan nya alfabet dan angka arabik memudakan proses penyampaian informasi yang lebih efektif dan efektif berasal dari cara yang sebelum nya . Suatu gambar yang mewakili suatu peristiwa dibikin dengan kobinasi alfabet atau penulisan angka .

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sudah mempunyai fungsi yang benar-benar berfaedah bagi kehidupan manusia. Aktivitas yang di awalnya ditunaikan oleh manusia itu sendiri, sekarang dapat digantikan oleh mesin otomatis. Hal ini merupakan bukti bahwa teknologi sudah berkembang pesat pas ini. Tentu saja perkembangan teknologi ini punyai dampak bagi manusia yang notabene-nya merupakan pengguna kemajuan teknologi ini. Dampak selanjutnya dapat berupa positif maupun negatif.

Dampak positif dan dampak negative berasal dari perkembangan teknologi diamati berasal dari berbagai bidang:

  1. Bidang Informasi dan Komunikasi

Dengan berkembangnya Bidang Informasi dan Komunikasi, kita bisa lebih cepat terima informasi terakhir di belahan bumi manapun bersama dengan cepat dan akurat tanpa dihalangi oleh jarak dan waktu, tetapi perihal ini juga bisa disalah mengfungsikan oleh pihak khusus layaknya pemakaian jasa komunikasi oleh jaringan teroris.

2. Bidang Ekonomi dan Industri

Dengan berkembangnya teknologi didalam bidang ekonomi dan Komunikasi, pertumbuhan ekonomi meningkat tinggi dan produktifitas dunia industry makin meningkat pula. Persaingan didalam dunia kerja terhitung makin tinggi, supaya menuntut pekerja untuk selamanya menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki. Tetapi hal ini terhitung dapat memicu penduduk jadi konsumtif, boros, dan punya kecendurungan untuk menyukai jalan pintas (instant) didalam lakukan segala hal.

3. Bidang Sosial dan Budaya

Dengan berkembangnya teknologi di dalam bidang sosial dan budaya, kesetaraan gender antara wanita dan pria jadi terwujud. . Banyak pakar yang berpendapat bahwa kini tambah besar porsi wanita yang memegang posisi sebagai pemimpin, baik di dalam dunia pemerintahan maupun di dalam dunia bisnis. Tetapi perihal ini sanggup terhitung membuat kemerosotan moral dikalangan masyarakat, terlebih di kalangan remaja dan pelajar yang udah membuat sebagian warga penduduk menjadi “kaya di dalam materi tapi miskin dalam rohani”.

4. Bidang Pendidikan

Dengan berkembangnya teknologi didalam bidang pendidikan dapat menopang masyarakat didalam mencari pengetahuan dan pendidikan. Dalam perihal ini guru bukanlah lagi satu-satunya sumber pengetahuan dan pusat pendidikan. Metode-metode pembelajaran yang baru termasuk nampak didalam memudahkan siswa didalam belajar, tetapi perihal ini termasuk dapat sebabkan Penyalah gunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melaksanakan tindak kriminal. Contonya dengan pengetahuan computer yang tingi maka orang dapat mengusahakan menerobos sistem perbangkan dan lain-lain.

5. Bidang Politik

Timbulnya kelas menengah baru Pertumbuhan teknologi dan ekonomi di kawasan ini bakal mendorong munculnya kelas menengah baru. Kemampuan, keterampilan serta tipe hidup mereka sudah tidak banyak berlainan bersama dengan kelas menengah di negara-negera Barat. Dapat diramalkan, kelas menengah baru ini bakal jadi pelopor untuk menuntut kebebasan politik dan kebebasan berpendapat yang lebih besar. Proses regenerasi kepemimpinan. Sudah barang pasti peralihan generasi kepemimpinan ini bakal berdampak di dalam tipe dan substansi politik yang diterapkan. Nafas kebebasan dan persamaan semakin kental.

Peran Teknologi Informasi

Dalam kehidupan dimasa yang dapat datang , bidang teknologi informasi adalah sektor yang paling dominan , siapa saja yang menguasai teknologi ini , dapat menjadi pemimpin didalam dunia nya . Dibawah ini teknologi informasi yang banyak berperan didalam bidang-bidang pada lain :

a. Bidang Pendidikan

Tony Bates (1995) menyatakan baha teknologi bisa tingkatkan mutu dan jangkauan seumpama digunakan secara bijak untuk pendidikan dan latihan dan mempunyai arti yang amat mutlak bagi kesejahteraan ekonomi .

Dengan ada perkembangan teknologi dan informasi didalam bidang pendidikan , maka pada saat ini udah digunakan untuk diselenggarakan studi jarak jauh bersama manfaatkan tempat internet untuk menghubungkan pada mahasiwa bersama pengajar , menyaksikan nilai mahasiswa secara online , mengecek keuangan , menyaksikan jadwal kuliah ,mengirimkan berkas tugas yang diberikan guru , dan lain sebagai nya.

Dengan tempat teknologi informasi yang sekarang amat dimungkinkan untuk laksanakan pertalian pada guru dan siswa baik didalam wujud saat nyata atau tidak . Dalam wujud suatu chat room pertalian segera , real video , atau online meeting . Yang tidak didalam saat nyata bisa dilakukan mailing list , discussion kelompok dan news kelompok .

b. Dalam Bidang Pemerintahan

Dalam bidang ini , teknologi informasi mengacu pada penggunaan teknologi oleh pemerintahan , seumpama intranet dan internet , yang mempunyai peran didalam meghubungkan keperluan masyarakat , usaha , dan kesibukan lainnya , proses berikut bisa berwujud proses transaksi usaha pada publik bersama pemerintah lewat proses otomatisasi dan jaringan internet , lebih umum ulang dikenal sebagai global wide website . Penggunaan ini membuahkan wujud baru yaitu G2C (Government to Citizen) , G2B (Government to Business) G2G (Government to Government) . fungsi teknologi didalam bidang pemerintahan yaitu pelayanan servis yang lebih baik kepada masyarakat , tingkatkan pertalian pada (pemerintah pelaku usaha , dan masyarkat umum) , pemberdayaan masyarkat lewat informasi yang enteng diperoleh , dan juga pelaksanaan pemerintahan yang lebih efisien .

c. Bidang Sosial

Manfaat teknologi informasi didalam bidang sosial adalah

· Sebagai informasi dan layanan studi dari masyarakat

· Untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan bagi masyarakat

· Meningkatkan informasi kesehatan . Untuk menyaksikan kesempatan yang lebih luas untuk memasarkan produk setempat .

· Mengembangkan perdagangan lewat e-commerce

Pengaruh Teknologi Informasi

Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita jauhi , melainkan kudu kita menghadapi didalam kehidupan ini , gara-gara kemajuan teknologi dapat berlangsung cocok bersama kemajuan pengetahuan pengetahuan .

Seiring bersama perkembangan teknologi yang jadi pesat , berbagai kemudahan teknologi yang kita bisa bersama enteng nya , semisalnya komunikasi antar manusia bisa dilakukan bersama berbagai alat atau layanan , salah satunya yang saat ini banyak digunakan adalah , handphone , facebook , twitter , instagram , line , dan lain-lain .

Bagi remaja sebenarnya bagus untuk tingkatkan wawasan , di internet bersama enteng mendapatkan informasi-informasi yang mutlak diketahui oleh pembaca . Inilah yang menyajikan kepada kita kebolehan energi imainasi dan teknologi informasi yang terlalu mungkin tersebarnya informasi didalam mutu yang nyaris prima bersama saat yang amat singkat .

Instagram dan facebook tidak kalah saingnya bersama interner , gara-gara di instagram dan facebook para siswa bsia bergaul bersama orang lain , meskipun mereka tidak jelas siapa yang diajak berkenalan , gara-gara itu cuma remaja , tidak cuma dikalangan siswa saja yang mempunyai facebook dan instagram . Anak-anak dan orang tua pun mempunyai ke dua tempat sosial berikut . Dengan banyak nya peminat tempat sosial berikut banyak sekali orang-orang mengakses warnet , tidak cuma lewat wranet kita bisa mengakses facebook dan instagram , kitapun bisa mengakses keduanya lewat handphone .

Akibat amat minat bersama tempat sosial berikut , para siswa terasa jarang mengakses internet , padahal di internet siswa bisa banyak menemui informasi –informasi mutlak dan berarti yang belum pernah kita temui . Diantaranya bidang pendidikan yang berisi perihal pelajaran sehari-hari disekolah . Misal nya perihal rumus-rumus , latihan soal-soal , e-book dan lain-lain .

Pengaruh Positif Kemajuan Teknologi Informasi

Pesat nya perkembangan kemajuan teknologi mempunyai beberapa efek positi , di bawah ini yaitu :

a. Mempercepat Arus Informasi

Berkat teknologi , kini arus informasi jadi cepat lebih-lebih condong tidak terkontrol sampai saat ini , bisa menambahkan informasi perihal suatu kejadian secara cepat , meskipun kadang kala tidak akurat dan tidak tepat .

b. Mempermudah Akses Terhadap Informasi Baru

Dengan ada teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang secara pesat , siapa saja bisa mendapatkan informasi bersama enteng . Akses pada informasi bisa dilakukan kapanpun , dimanapun dan siapa saja itu .

c. Sebagai Media Hiburan

Teknologi saat ini menolong tempat hiburan yang banyak ragam nya . Contoh nya , music , games dan video yang dibuka lewat tempat internet . Yang dijadikan sebagai hiburan atau pelepas capek sejenak .

d. Memudahkan Komunikasi Jarak Jauh

Komunikasi merupakan perihal yang paling utama dan amat diperlukan , lebih-lebih manusia sebagai mahluk sosial , meskipun manusia tiap-tiap berada dikejauhan , mereka tetap selalu bisa berkomunikasi lewat chatting atau pun tatap wajah lewat video call , dan lain-lain .

Pengaruh Negatif Kemajuan Teknologi Informasi

Dalam perihal ini para remaja sering menyalahgunakan Internet sebagai alat untuk melacak informasi , para remaja tambah membawa dampak situs-situs yang tidak senonoh yang dapat menyebabkan kerusakan otak bersama menghindar cara studi para remaja .

Selain itu , di internet termasuk kita bisa mengenal dunia maya , banyak jejaring sosial yang bisa kita manfaatkan yaitu facebook . Dari facebook berikut , efek negatif nya ialah para remaja berpacaran lewat tempat berikut bersama orang yang belum mereka kenal . Dan itu membawa dampak perihal buruk berlangsung , mengingat banyak nya persoalan kriminal lewat tempat sosial .

3. KESIMPULAN

Dapat disimpulkan dari penjabaran diatas bahwa bersama ada kemajuan teknologi yang kian pesat ini amat memudahkan dan jadi canggih , membawa dampak proses komunikasi ataupun pekerjaan jadi cepat .

Tapi meskipun menambahkan kemudahan , teknologi termasuk mirip bersama sebuah pisau yang menambahkan dua arah berlainan , yaitu ke efek negatif yang udah selayaknya kita jauhi , dan juga efek positif yang saat ini kita pasti rasakan .

Kesimpulannya juga, kehidupan masyarakat saat ini udah tidak bisa ulang dipisahkan dari perkembangan teknologi informasi. Hal ini bisa berdampak baik maupun buruk bagi masyarakat itu sendiri. Jadi kita kudu selalu bijaksana didalam menanggapinya supaya tidak berlangsung penyalahgunaan perkembangan teknologi ini. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy