Take a fresh look at your lifestyle.

5 Cara Efektif untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pada Bisnis Online Anda

0

5 Cara Efektif untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pada Bisnis Online Anda

Bisnis online adalah salah satu pilihan yang bisa menjadi sumber penghasilan tambahan. Jika dijalani dengan serius, usaha sampingan di dunia maya justru bisa melampaui penghasilan utama Anda. Namun demikian, tetap ada beberapa faktor yang memengaruhi keberhasilan bisnis tersebut. Kita akan membagikan tips untuk meningkatkan bisnis online Anda.

Selama beberapa tahun terakhir, pengalaman pelanggan atau customer experience (CX) memainkan peran penting dalam hubungan antara bisnis dengan pelanggan. Pengalaman pelanggan sendiri adalah tentang bagaimana pelanggan memandang bisnis Anda dari semua interaksi mereka dengan bisnis Anda.

Selain itu, ada juga beberapa titik kontak yang akan ditemui saat mereka mulai mengakses situs web Anda. Dalam hal ini, Anda dapat meningkatkan CX dengan memastikan situs web Anda ramah pengguna dan mudah dinavigasi.

Tim dukungan pelanggan Anda adalah titik kontak selanjutnya. Oleh karena itu, dukungan pelanggan yang hebat sering kali menjadi bagian krusial dalam membentuk kualitas CX yang baik. Secara umum, meningkatkan pengalaman pelanggan dapat menguntungkan bisnis Anda.

Pelayanan, Kunci Sukses Berbisnis Daring

Pelayanan. Satu kata itu adalah dambaan semua pelanggan. Lalu, bagaimana kriteria pelayanan memuaskan di mata pelanggan? Simak ulasan berikut ini agar Anda bisa meningkatkan kualitas dan pelayanan bisnis Anda:

1. Responsif

Posisikan diri Anda sebagai pelanggan. Tentunya Anda akan mengharapkan penjual yang cepat dalam menanggapi pertanyaan. Jadi, jangan hanya jeli melihat peluang bisnis, tetapi juga harus peka terhadap keinginan konsumen akan respon yang cepat. Tetapi jangan utamakan cepat namun tidak tepat. Tanggapan Anda selain cepat, juga harus jelas dan benar. Maksudnya, jika pelanggan bertanya tentang produk A, jangan dijawab tentang produk B. Itulah pentingnya konsentrasi dalam menghadapi pelanggan. Untuk mengatasi hal tersebut, terutama ketika pelanggan Anda sudah mulai banyak, tak ada salahnya membentuk tim call center Anda sendiri. Dengan begitu, alur antrian pelanggan dapat lebih longgar. Pastikan kompetensi orang-orang yang Anda pilih untuk menjadi orang andalan di balik meja layanan.

2. Aktif di Media Sosial, Termasuk WA

Karena platform bisnis online Anda adalah digital, maka Anda harus senantiasa aktif di media sosial. Yang paling utama adalah kesiagaan Anda di aplikasi berbagi pesan, Whatsapp alias WA. Di era saat ini, WA menjadi sarana berkomunikasi yang paling diandalkan. Oleh karena itu, Anda harus siap sedia setiap saat menanggapi pesan atau panggilan pelanggan melalui WA. Sebab, ada saja pelanggan yang maniak menggunakan WA, dan malas berbelanja lewat aplikasi atau marketplace. Demi menjaga kenyamanan konsumen, Anda pun harus mengikuti cara berpikir konsumen tersebut, tentunya selama dalam batas wajar. Nah, dalam tahap ini kita selaku penyedia keperluan packaging barang online terus berusaha untuk menjaga komunikasi dengan konsumen lewat pesan WA, media sosial maupun di marketplace.

3. Sabar dan Sopan

Di mana pun, pelanggan selalu merasa harus diperlakukan bagai raja. Oleh karenanya, Anda harus menjaga kesopanan ketika menghadapi pelanggan, dan juga harus ekstra sabar menghadapi pelanggan yang ‘bebal’. Anda tak bisa merasa eksklusif. Karena, kita tak pernah tahu darimana keuntungan berasal. Bisa saja satu pelanggan menyebalkan itu yang melakukan pemesanan ratusan bahkan ribuan unit produk Anda bukan?

4. Berikan Bonus

Siapa sih yang tidak suka barang gratis? Anda pun bisa menjadikan hadiah atau giveaway sebagai salah satu cara bisnis online yang digemari. Misalnya, untuk pembelian kelipatan tertentu, Anda memberikan produk gratis atau voucher. Kuncinya adalah agar pelanggan melakukan pemesanan kembali alias repeat order. Dalam memberikan giveaway atau bonus gratis, Anda juga harus menjunjung tinggi kejujuran. Sampaikan semua syarat dan ketentuan di awal. Jangan sampai, ada pelanggan yang kecewa karena tiba-tiba gagal memenangkan hadiah karena syarat yang belum mereka ketahui sejak awal. Memberi barang gratis juga bisa dilakukan ketika Anda melakukan kesalahan. Selalu ada celah di mana Anda bisa saja salah mengirim barang, atau ada kendala di pihak ekspedisi sehingga paket begitu lama untuk tiba. Terlepas dari siapa atau apa kesalahanya, menjaga hati konsumen agar tetap senang adalah hal yang paling utama.

5. Minta Penilaian Pelanggan

Tak ada yang lebih tepat selain meminta masukan dari pelanggan tentang sejauh mana mereka puas dengan pelayanan Anda. Dengan meminta penilaian, Anda akan mengetahui aspek mana yang sudah memuaskan, dan aspek pelayanan mana yang perlu ditingkatkan dari cara bisnis online Anda.

Itulah tadi, 5 cara untuk meningkatkan pelayanan Anda untuk pelanggan dari kami. Dengan menerapkan semua hal di atas, niscaya bisnis online Anda akan berkembang pesat, dan menjadi peluang bisnis yang tak terduga.

Kesimpulan

Membangun pengalaman pelanggan yang luar biasa memang menantang. Anda perlu bekerja keras dan konsisten untuk mendapatkan hasil yang positif. Penting untuk disadari kalau CX yang hebat bukanlah hasil kerja semalam. Karena kesan positif pada pelanggan akan tumbuh dari waktu ke waktu melalui beberapa titik kontak bisnis Anda.

Dengan mengumpulkan data pelanggan yang akurat, Anda akan dapat membuat keputusan yang lebih baik untuk meningkatkan strategi CX Anda. Inilah mengapa strategi CX Anda harus berjangka panjang. Lagi pula, Anda pasti mencari hubungan pelanggan yang berjangka panjang juga, bukan?

Oleh karena itu, gunakan strategi-strategi di atas untuk meningkatkan pengalaman pelanggan Anda. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan loyalitas dari pelanggan dan pertumbuhan bisnis yang signifikan di masa mendatang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy